Bagian-Bagian Utama Pada Delphi

Bagian-Bagian Jendela Utama Pada Delphi

Bagian-Bagian pada Delphi 

 1. Object TreeView

Object TreeView adalah sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis yang menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut meliputi form , module atau frame. Fungsinya yaitu digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalam sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatannya. 

Object TreeView pada delphi 7
Gambar Object TreeView

2. Object Inspector



Object Inspector merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur tampilan komponen pada form, misalnya bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi keitka program dijalankan... Secara umum Object Inspector terbagi menjadi dua yaitu

A. Properties

Properties Objek Inspector Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi penggantian nama, warna, caption, text, jenis huruf, border, dan lain-lain.

Object Inspector , Properties

B.  Event

Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event klik untuk mengeksekusi sebuah tombol Simpan. Perintah event klik tersebut dapat diberikan melalui jendela events.  


Object Inspector event merupakan
Object inspector , Event

 3. From Designer


From Designer adalah tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari Component pallete.

From Designer adalah
Gambar From-Designer



4. Component Pallet

Component Pallet merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi pada form untuk membentuk suatu aplikasi user interface. Dalam Componen pallete semua icon dikelompokan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. 


Component Pallet merupakan

  
Component Pallet merupakan

 Gambar Component Pallet

5. Code Editor

Code Editor Merupakan Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan code program. Pada code editor terdapat 3 bagian utama yaitu pada bagian paling kiri  yang berisi berupa angka yang menunjukan  baris dan kolom. Keterangan modified  menunjukan bahwa telah terjadi modofikasi terhadap baris program. Dan paling kanan menunjukan status keyboard tentang tombol insert atau Over Write.

Code Editor merupakan
 Gambar Code Editor

6. Code Diagram


Code Diagram merupakan fasilitas pada delphi yang digunakan untuk mendesign sebuah diagram atas komponent-komponent yang digunakan dalam suatu rancangan apliaksi.

 
Code Diagram merupakan
Gambar Code Diagram

7. Code Explorer

Code Explorer adalah Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh 
Variabel, type, dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.

Code Explorer
 Gambar Code Explorer

Sekian dari saya tentang Bagian-Bagian Utama Pada Jendela Delphi 
terima kasih 

Comments

Popular posts from this blog

Menerapkan Fitur Subdivision Surface, Bevel, dan SolidifyText3D di Aplikasi Blender pada Tahap Produksi

Perbedaan Virus, Trojan Horse dan Worm

Cara Membuat Objek Kursi 3D pada Software Blender untuk Pemula