Jenis Presentasi Video : Presentasi Video Pembelajaran dan Pemasaran (Simdig) Kelas X SMK

Ada 2 Jenis Presentasi Video yaitu Presentasi Video Pembelajaran dan Presentasi Video Pemasaran pada mata pelajaran Simulasi Digital (Simdig) Kelas X SMK baik paket keahlian RPL, TKJ dan MM.

Pada materi sebelumnya telah disinggung sedikit tentang presentasi video pembelajaran dan pemasaran.Menurut Saputra (2013:156),presentasi video terdiri dari presentasi video pembelajaran dan pemasanran.

1. Presentasi Video Pembelajaran

Presentasi video pembelajaran dapat didefinisikan sebagai media yang berfungsi untuk mengkomunikasikan materi pembelajaran dari guru kepada pesrta didik dengan tujuan dapat menguasai materi yang disampaikan.

pembuatan video presentasi untuk pembelajaran bersifat deskriptif yanbertujuan untuk mengurangi atau ‘memaparkan materi secara mendetail dengan berbasis video.

peserta didik juga dapat membuat presentasi sendiri dengan berbagai peralatan yang sederhana, missalnya kamera handphone, kamera digital, dan sebagainya.

Presentasi video dalam  pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk video. Media pembelajaran dalam bentuk video diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat merangsang peserta didik dalam mengingat apa yang sudah dipelajari. Penerapan presentasi video yang baik dapat sebenarnya bergantung pada bagaimana guru menerapkannya dan kondisi peserta didik.

Media pembelajaran baik dapat mengaktifkan pembelajaran dalam memberikan umpan balik dan mendorong peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan benar. Penggunaan komputer diera modern seperti saat ini pemanfaatannya sudah multi bidang, pendidikan hanya di gunakan sebagai penyusunan materi pembelajaran.

Dengan berkembangnya komputer dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, salah satunya ialah dengan menggunakan presentasi video.

Presentasi video dalam pembelajaran memilik fungsi sebagai alamat bantu untuk menyampaikan materi dari guru kepada peserta didik.

Mengapa memilih presentasi video sebagai media pembelajaran?

Karena presentasi video mampu meningkatkan motivasi, interaksi lebih luas, tidak terpaku pada sumber tunggal,dan pemahaman global, presenyasi video memiliki kelebihan yaitu mengabungkan semua unsure media seperti teks, audio, animasi,gambar, grafik dan video yang menjadi satu kesatuan sehinnga dapat medukung proses  kegiatan belajar perserta didik.

Media presentasi video ini mampu mengakomodasi perserta didik yang memiliki tipe belajar visual,auditrif,atau kinestektik.

2. Presentasi Video Pemasaran

Presentasi video pemasaran ialah media yang berfungsi untuk mengomunikasikan idea tau gagasan tentang suatu produk perusahaan dengan maksud agar calon pembeli mengetahui produk tersebut dan membelinya.

Presentasi dalam pemasaran merupakan suatu hal yang pasti dialami dibidang pemasaran pada suatu perusahaan. Presentasi merupakan kunci utama dalam berhasil atau tidaknya pemasaran produk.Maka dari itu,

presentasi bukan hanya dipersiapkan dengan baik dan isi maupun mutu produk,melainkan juga bagaimana faktor pendukung yang dapat memperlancar jalannya presentasi.

Presentasi video sangat cocok sebagai media untuk mendukung presentasi tersebut. Hal ini dikarenakan presentasi video memiliki banyak kelebihan.

Presentasi dalam pemasaran mengenal yang namanya Prop atau peralatan pendukung presentasi, misalnya Power Point slide Show, table, grafik, gambar, atau video. pemilihan peralatan yang baik akan dapat membuat presentasi lebih menarik.

Presentasi yang menarik memungkinkan seseorang dalam presentasi dapat sukses. Presentasi video pemasaran memanfaatkan pengabunggan video, teks dan audio dalam presentasinya sehingga presentasi dapat berjalan lebih interaktif.

Itulah materi tentang Jenis Presentasi Video yaitu Presentasi Video Pembelajaran dan Presentasi Video Pemasaran yang semoga bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan kita. salam.

Comments

Popular posts from this blog

Menerapkan Fitur Subdivision Surface, Bevel, dan SolidifyText3D di Aplikasi Blender pada Tahap Produksi

Perbedaan Virus, Trojan Horse dan Worm

Cara Membuat Objek Kursi 3D pada Software Blender untuk Pemula